APEL SIAGA BENCANA KEC. NGRAMBE, AWAL KESIAPAN

Ngrambe – Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi, memperlihatkan keseriusan dalam menghadapi potensi bencana dengan menggelar Apel Siaga Bencana Tingkat Kecamatan yang dipimpin langsung oleh Camat Ngrambe, Kusnu Heri Purwanto, hari ini (05/02/2024). Kegiatan apel ini diadakan sebagai langkah proaktif dalam mempersiapkan diri menghadapi berbagai tantangan alam yang mungkin terjadi pada tahun 2024. Turut hadir mendampingi dari unsur FORKOPIMCAM Ngrambe.

Dalam apel tersebut, Kusnu Heri Purwanto Camat Ngrambe menekankan pentingnya kesiapan dan koordinasi semua pihak dalam menghadapi bencana. Ia menyampaikan, “Apel Siaga Bencana ini adalah wujud nyata dari komitmen kita untuk meningkatkan tingkat kesiapsiagaan menghadapi bencana di wilayah kita. Kita tidak pernah tahu kapan dan seperti apa bencana akan datang, namun dengan persiapan yang matang, kita dapat meminimalkan dampaknya.”

Apel Siaga Bencana ini melibatkan berbagai unsur, termasuk aparat keamanan dari Polres dan Koramil, juga tenaga kesehatan dari Puskesmas Ngrambe, relawan bencana, korwil dinas pendidikan dan instansi terkait lainnya. Seluruh peserta apel tersebut hadir dan menunjukkan komitmen untuk melaksanakan respons cepat terhadap situasi bencana yang mungkin terjadi, seperti gempa bumi, banjir, atau kebakaran.

Selain itu, dalam apel ini juga dilakukan koordinasi peralatan dan sarana evakuasi yang ada untuk kejadian bencana di wilayah Kecamatan Ngrambe. Camat bersama dengan tim penanggulangan bencana secara langsung memimpin koordinasi tersebut untuk memastikan kesiapan dan fungsionalitas alat-alat tersebut.

Kusnu Heri Purwanto Camat Ngrambe mengatakan, “Kesiapan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab bersama seluruh masyarakat. Mari kita tingkatkan pemahaman tentang langkah-langkah yang harus diambil saat bencana terjadi, serta bagaimana kita dapat saling membantu satu sama lain.”

Kegiatan Apel Siaga Bencana Tingkat Kecamatan ini bukan hanya sebagai upaya preventif, tetapi juga sebagai bentuk edukasi bagi masyarakat dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesiapan menghadapi bencana. Semua pihak diharapkan dapat bersinergi dan berkontribusi untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan tangguh dalam menghadapi potensi bencana di masa yang akan datang.