BUPATI NGAWI SERAHKAN SERTIFIKAT PTSL : LANGKAH SIGNIFIKAN MENUJU KEPEMILIKAN TANAH YANG LEGAL

NGRAMBE – Suasana haru dan kebahagiaan menyelimuti Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, ketika Ony Anwar Harsono Bupati Ngawi secara resmi menyerahkan Sertifikat Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada puluhan warga, utamanya di dua desa yakni Desa Ngrambe dan Desa Cepoko. Rombongan Bupati Ngawi didampingi oleh Kusnu Heri Purwanto Camat Ngrambe dan jajarannya pada acara hari ini (06/02/2024) seolah menandai perjuangan panjang masyarakat untuk mendapatkan hak kepemilikan tanah yang sah dan legal.

Ony Anwar Harsono Bupati Ngawi, dalam sambutannya, menegaskan komitmen pemerintah dalam mewujudkan keadilan dan kepastian hukum. “Sertifikat PTSL adalah bukti nyata bahwa tanah yang panjenengan tempati sekarang memiliki dasar hukum yang kuat. Ini adalah hak panjenengan, hak yang harus dijaga dan dimanfaatkan dengan baik,” kata Bupati.

Penerimaan sertifikat dilakukan secara langsung, diikuti dengan ungkapan rasa syukur dari warga yang telah menantikan momen ini. Bupati Ngawi secara pribadi menyerahkan sertifikat kepada beberapa warga yang menjadi perwakilan dari penerima manfaat.

“Sertifikat ini adalah kunci untuk membuka banyak peluang. Selain sebagai bukti kepemilikan tanah, ini juga dapat menjadi jaminan untuk mendapatkan kredit perbankan, serta melibatkan masyarakat dalam program-program pembangunan yang lebih besar,” tambah Ony Anwar Bupati.

Selain pemberian sertifikat, acara ini juga melibatkan sesi dialog dan edukasi tentang pentingnya menjaga dan memanfaatkan sertifikat dengan baik. Bupati Ngawi berpesan, “Kepemilikan tanah adalah modal untuk masa depan yang lebih baik. Mari kita jaga dan gunakan hak ini dengan bijak untuk keberlanjutan dan kemakmuran bersama.”

Dengan serah terima Sertifikat PTSL ini, Kecamatan Ngrambe merayakan pencapaian yang signifikan dalam memberikan hak kepemilikan tanah kepada masyarakatnya. Program ini bukan hanya tentang dokumen, tetapi lebih dari itu, menghidupkan harapan dan memberikan kepastian akan masa depan yang lebih baik bagi setiap pemilik sertifikat.