Mengenang Sejarah, Menyatu dalam Doa dan Gunungan : Bupati dan Wakil Bupati Ngawi Peringati HUT Kabupaten Ke-666

NGRAMBE-Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Ngawi yang ke-666, sebagaimana sebuah tradisi yang telah lama dilestarikan, Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono dan Wakil Bupati Dwi Rianto Jatmiko melaksanakan ziarah makam beberapa situs bersejarah, yang pertama yaitu Makam Raden Tumenggung Poerwodiprodjo yang terletak di Kauman Kompleks Masjid Agung Baiturrahman, yang kedua Makam Patih Pringgokoesomo yang terletak di Makam Ngawi Purba. Kemudian berlanjut ke yang ketiga yakni Makam Adipati Kertonegoro di Sine dan Makam Patih Ronggolono di Ngrambe. Kegiatan yang penuh dengan makna sejarah dan spiritual ini turut dihadiri oleh seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Ngawi termasuk Camat Ngrambe Kusnu Heri Purwanto, serta Forkopimda Kabupaten Ngawi mulai dari Heru Kusnindar Ketua DPRD Ngawi, Kepala Kejari Ngawi, Kepala Pengadilan Negeri Ngawi, Kepala Polres Ngaw, Komandan Kodim 0805 Ngawi, Komandan Yon Armed 12 Angicipi Yudha.(01/07/2024)

Pada sesi ziarah ketiga, rombongan melakukan ziarah di Makam Adipati Kertonegoro yang terletak di Kecamatan Sine. Adipati Kertonegoro merupakan salah satu tokoh penting dalam sejarah Ngawi, dan ziarah ini menjadi momen refleksi bagi para pemimpin daerah untuk mengenang jasa-jasa leluhur yang telah membangun pondasi kabupaten ini.

Setelah itu, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Jabal Kadas atau Makam Patih Ronggolono di Desa Hargomulyo Kecamatan Ngrambe. Patih Ronggolono dikenal sebagai sosok yang berjasa besar dalam sejarah pemerintahan di Ngawi. Ziarah di makam ini berlangsung khidmat, dengan doa dan penghormatan dipanjatkan oleh seluruh peserta yang hadir.



Momen yang paling menarik perhatian masyarakat terjadi saat rombongan tiba di Ngrambe. Setelah prosesi ziarah telah selesai dilakukan, waktu telah memasuki maghrib, Bupati Ony Anwar Harsono dan Wakil Bupati Dwi Rianto Jatmiko pun melaksanakan shalat berjamaah di Mushola Kepala Desa Hargomulyo, Susilo. Bersama dengan Camat Ngrambe Kusnu Heri Purwanto dan para Kepala OPD serta lintas sektor yang hadir, mereka melaksanakan ibadah dengan penuh kekhusyukan, menunjukkan komitmen mereka untuk selalu dekat dengan rakyat dan menghormati nilai-nilai agama.

Kegiatan ziarah makam ini bukan hanya menjadi bagian dari rangkaian peringatan HUT Kabupaten Ngawi, tetapi juga sebagai bentuk penghormatan kepada para pendahulu yang telah berjasa membangun dan menjaga Ngawi. Bupati Ony Anwar Harsono dalam sambutannya menegaskan pentingnya mengenang dan menghargai sejarah sebagai landasan untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi Ngawi.

“Hari ini kita tidak hanya mengenang jasa para pendahulu, tetapi juga mengambil hikmah dan inspirasi dari mereka untuk terus berjuang membangun Ngawi yang lebih maju dan sejahtera,” ujar Bupati Ony Anwar Harsono.

Dengan semangat yang sama, Wakil Bupati Dwi Rianto Jatmiko mengajak seluruh masyarakat Ngawi untuk bersatu padu dan berkontribusi dalam pembangunan daerah. “Mari kita bersama-sama menjaga dan melanjutkan warisan yang telah ditinggalkan oleh leluhur kita. Kita harus berani menghadapi tantangan zaman dengan semangat yang sama seperti mereka,” tuturnya.

Ziarah makam ini diakhiri dengan arak-arakan Gunungan dan doa bersama yang langsung dipimpin Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, memohon berkah dan perlindungan untuk Kabupaten Ngawi agar terus berkembang dan maju. Kegiatan ini juga menjadi simbol kuat dari kepemimpinan yang peduli terhadap sejarah dan budaya, serta menunjukkan dedikasi tinggi para pemimpin daerah dalam menjaga nilai-nilai luhur yang telah diwariskan oleh para pendahulu.

Author

  • R. Wahyu Trijanto

    Raden Wahyu Trijanto adalah sosok ASN dan pemimpin yang patut dibanggakan. Sebagai seorang abdi negara, Raden Wahyu Trijanto dikenal karena eksplorasi sosialnya yang aktif, kreatif dan inovatif. Kegiatannya mencakup berbagai sektor. Ia adalah teladan bagi mereka yang percaya pada kekuatan relasi dan komunikasi sosial sebagai medium untuk menginspirasi, mendidik, dan mengembangkan potensi masyarakat.

    View all posts