Pembinaan LPJ 2024 Dimulai: Tim Monev Ngrambe Sasar Hargomulyo dan Tawangrejo

NGRAMBE-Camat Ngrambe, Kusnu Heri Purwanto, memimpin langsung kegiatan Monitoring dan Pembinaan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Dana Desa DD dan ADD Tahun Anggaran 2024 di Kecamatan Ngrambe. Didampingi oleh Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Indra Sudarmaji, Kepala Seksi Pemerintahan Suharti, serta staf kecamatan, tim monitoring mulai bekerja dengan mengunjungi dua desa pertama, yaitu Desa Hargomulyo dan Desa Tawangrejo.(17/09/2024)

Kegiatan monitoring ini dijadwalkan berlangsung hingga Kamis minggu depan, meliputi seluruh desa di Kecamatan Ngrambe. Dengan tujuan memastikan penggunaan anggaran desa tahun 2024 berjalan sesuai aturan, tim ini melakukan pembinaan serta evaluasi terkait LPJ yang disusun oleh masing-masing desa.

Pada hari ini, Kepala Desa Hargomulyo, Susilo, dan Kepala Desa Tawangrejo, Eko Setyawan, bersama perangkat desa masing-masing telah siap menyambut kedatangan tim monitoring. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan masukan yang berguna bagi pemerintahan desa dalam meningkatkan kualitas pelaporan dan pengelolaan anggaran yang lebih transparan dan akuntabel.



Menurut Camat Kusnu Heri Purwanto, monitoring ini bukan hanya bertujuan untuk mengevaluasi, tetapi juga memberikan pembinaan agar pengelolaan dana desa dapat dipertanggungjawabkan dengan baik, serta mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Proses LPJ sangat penting untuk memastikan bahwa setiap program dan anggaran yang digunakan oleh desa tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kami ingin memastikan setiap desa di Kecamatan Ngrambe memahami pentingnya pengelolaan dana yang transparan dan efektif,” jelas Kusnu Heri Purwanto di sela-sela kegiatan.

Kepala Seksi PMD, Indra Sudarmaji, menambahkan bahwa monitoring kali ini juga menjadi sarana untuk mendengarkan aspirasi dan kendala yang dihadapi oleh desa dalam penyusunan laporan. “Kami akan memberikan pendampingan penuh kepada desa yang membutuhkan, agar laporan pertanggungjawaban ini sesuai dengan standar yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Rangkaian kegiatan monitoring ini diharapkan menjadi momentum untuk mendorong setiap desa di Ngrambe semakin akuntabel dan profesional dalam mengelola anggaran, sekaligus memperkuat sinergi antara pemerintah desa dan kecamatan.

Author

  • Nur Kholis

    Nur Kholis adalah sosok ASN Kecamatan Ngrambe yang memiliki tekad untuk memanfaatkan teknologi sebagai alat untuk pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan. Ia terlibat dalam berbagai proyek sosial dan pemerintahan yang menggunakan teknologi sebagai medium untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama mereka yang berada di daerah terpencil.

    View all posts