Pesta Siaga Kwartir Ranting Ngrambe 2024: Semangat Pramuka dalam Pengembangan Karakter Generasi Muda

NGRAMBE-Kecamatan Ngrambe kembali menyelenggarakan salah satu kegiatan unggulannya, yaitu Pesta Siaga Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Ngrambe 2024, yang dilaksanakan di Lapangan Sumokaton, Desa Sambirejo. Kegiatan ini resmi dibuka oleh Camat Ngrambe, Kusnu Heri Purwanto, pada pagi hari ini, yang turut didampingi oleh Koordinator Wilayah Pendidikan dan Kebudayaan (Korwil Dikbud) sekaligus Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Ngrambe, Budiyono.(24/09/2024)

Acara yang berlangsung penuh semangat ini dihadiri oleh berbagai lintas sektor, di antaranya Kapolsek Ngrambe AKP Sukoco, perwakilan dari Koramil 0805/07 Ngrambe, dan Kepala Puskesmas Ngrambe, Muda Trimaryo Prisadono serta Kepala Sekolah SD/MI dan SMP/MTs di lingkungan Kecamatan Ngrambe. Kehadiran mereka menunjukkan dukungan penuh dari berbagai pihak terhadap pengembangan karakter dan pembinaan generasi muda melalui kegiatan kepramukaan.

Dalam sambutannya, Kusnu Heri Purwanto menegaskan pentingnya Pesta Siaga sebagai wadah pendidikan luar sekolah yang tak hanya menanamkan nilai-nilai kebangsaan, disiplin, dan kepemimpinan, tetapi juga memperkuat solidaritas antar anggota pramuka sejak dini. “Melalui Pramuka, kita tidak hanya mendidik anak-anak untuk tangguh secara fisik, tetapi juga berkarakter mulia, berwawasan kebangsaan, dan siap menghadapi tantangan masa depan,” ujarnya.



Kegiatan Pesta Siaga tahun ini diikuti oleh puluhan gugus depan pramuka dari seluruh desa di Kecamatan Ngrambe. Berbagai kegiatan lomba digelar, mulai dari keterampilan kepramukaan, lomba permainan tradisional, hingga pentas seni. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman berharga kepada para pramuka siaga dalam hal kerjasama, kreativitas, dan keberanian dalam bersosialisasi.

Budiyono sebagai Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Ngrambe menyampaikan harapannya bahwa Pesta Siaga ini dapat menjadi momentum pembentukan generasi emas yang tangguh dan siap berkontribusi positif bagi bangsa dan negara. “Ini bukan sekadar ajang kompetisi, tetapi lebih kepada proses pembelajaran yang menyenangkan dan membentuk karakter yang kuat pada adik-adik pramuka,” kata Budiyono.

Suasana Lapangan Sumokaton turut menambah keceriaan peserta yang tampak antusias mengikuti berbagai kegiatan. Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, kegiatan ini berjalan dengan lancar dan penuh makna, serta diharapkan akan terus menjadi tradisi tahunan yang mempererat tali persaudaraan antar anggota pramuka di wilayah Ngrambe.

Pesta Siaga 2024 ini juga mengingatkan bahwa pendidikan karakter melalui kegiatan pramuka tetap relevan dan sangat penting dalam membangun bangsa yang tangguh di masa depan.

Author

  • Nanik Widyastuti telah membuktikan dirinya sebagai pelaksana kebijakan yang berinovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan umum. Melalui pelaksanaan pengembangan kebijakan yang terukur dan efektif, Nanik berfokus pada peningkatan aksesibilitas dan keberlanjutan layanan publik. Keterlibatannya dalam proyek-projek inovatif, seperti implementasi teknologi untuk meningkatkan efisiensi pelayanan, mencerminkan komitmen pada transformasi positif.

    View all posts