Omah Watu : Wisata Edukasi Peradaban

Apa yang pertama terbersit dalam pikiran Anda kala mendengar “Omah Watu” (Rumah Batu) ? Tentu bayangan sebuah bangunan yang dipenuhi dengan dinding-dinding yang terbuat dari batu. Nah, di Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur ini Anda tidak perlu lagi membayangkan karena Anda langsung dapat menyaksikan dan mengindera Omah Watu tersebut senyatanya.

Omah Watu adalah destinasi wisata yang terletak di Dusun Tenggir, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Indonesia. Tempat ini terkenal dengan keindahan (atau keunikan) alamnya yang menakjubkan, serta bangunan-bangunan yang unik terbuat dari batu alam setempat. Ya, hanya batu.

Arsitektur Batu Alam dari Omah Watu secara harfiah memanfaatkan keberadaan batu alam setempat untuk membangun struktur bangunan. Hal ini menciptakan suasana yang alami dan menyatu dengan lingkungan sekitar. Ditambah dengan pemandangan alam yang menarik karena Lokasinya yang terletak di tengah kehijauan dan keindahan alamnya menawarkan pemandangan spektakuler. Pengunjung dapat menikmati keindahan pegunungan, sungai, dan hijaunya hutan di sekitar.

Kegiatan Rekreasi dan Wisata Alam

Omah Watu Ngrambe umumnya menyediakan berbagai kegiatan rekreasi, termasuk trekking, hiking, atau berjalan-jalan santai untuk menikmati keindahan alam sekitar. Beberapa lokasi lain juga memiliki area piknik untuk bersantai seperti Air Terjun Pengantin dan Suwono Indah Park, keduanya ada di Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe. Beberapa destinasi tersebut diatas menyajikan unsur wisata edukasi, seperti informasi tentang batu alam setempat, sejarah lingkungan, atau keberlanjutan.

Sebelum mengunjungi Omah Watu, silakan memeriksa ulasan wisatawan, informasi terkini dari sumber lokal, atau situs web resmi, jika ada, untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut tentang fasilitas, aktivitas, dan persyaratan kunjungan.

Mari berkunjung ke Omah Watu. Disini titik lokasi-nya : Omah Watu Ngrambe , atau ini tampilan Street View-nya : Street View Omah Watu

Author

  • Bernadetha Suyatmi

    Sosok ASN yang memilii dedikasi kuat untuk mengembangkan inisiaitif perencanaan anggaran, pengelolaan pajak dan pengeluaran keuangan kecamatan. Dedikasi Suyatmi dalam mengelola keuangan di Kecamatan Ngrambe telah diakui berbagai pihak dengan sejumlah apresiasi. Apresiasi ini mencerminkan kontribusi positifnya dalam menciptakan stabilitas ekonomi dan keuangan di tingkat lokal.

    View all posts