LOMBA HIAS TUMPENG MERIAHKAN PERINGATAN HARI IBU KECAMATAN NGRAMBE

NGRAMBE – Dalam rangka merayakan Hari Ibu Tahun 2023 ini, Ibu-ibu Penggerak PKK dan Dharma Wanita Kecamatan Ngrambe menggelar sebuah acara istimewa yang melibatkan partisipasi aktif ibu-ibu di wilayah tersebut yakni Lomba Garnising atau menghias Tumpeng. Lomba tumpeng menjadi daya tarik tersendiri yang menghiasi perayaan tersebut, diadakan di pendopo Kecamatan Ngrambe pada hari Selasa pagi yang cerah. (19/12/2023)

Sejak pukul 06.00 WIB, pendopo Kecamatan Ngrambe mulai dipadati oleh ibu-ibu yang bersemangat mengikuti lomba hias tumpeng (garnish) untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Setiap kelompok peserta, mewakili kelurahan dan desa di sekitar, menampilkan kreasi dan inovasi dalam menyajikan tumpeng. Bentuk dan warna tumpeng yang beragam mencerminkan keanekaragaman budaya dan kreativitas masyarakat Ngrambe.

Tepat pukul 08.00 acara dibuka dengan sambutan hangat dari Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Ngrambe Dena Kusnu Heri Purwanto didampingi Ketua DWP Kecamatan Ngrambe. Pada sambutannya Dena Kusnu Heri menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh ibu yang telah berpartisipasi, menjadikan momen ini sebagai bentuk apresiasi kepada peran ibu dalam pembangunan keluarga dan masyarakat. Camat Ngrambe Kusnu Heri Purwanto juga berkesempatan hadir untuk menyaksikan dan menyemangati peserta dalam proses menghias tumpeng.

Lomba ini diikuti oleh 14 kelompok peserta dari seluruh desa di wilayah Kecamatan Ngrambe masing-masing berjumlah 3 orang per kelompok dengan komposisi kepesertaan terdiri dari penggerak PKK Desa, Dharma Wanita Persatuan Desa dan Kader Posyandu. Sementara itu, tim juri lomba hias tumpeng ini sejumlah 3 orang terdiri dari unsur Kecamatan Ngrambe, Dharma Wanita Persatuan Ngrambe, dan PKK Ngrambe. Tim Juri bertugas menilai setiap tumpeng dengan cermat. Kriteria penilaian mencakup aspek estetika, kreativitas, rasa, dan presentasi. Proses penilaian berlangsung dengan ketat, mengingat tingginya tingkat kualitas setiap tumpeng yang dibuat.

Pemenang dan Penghargaan

Setelah proses penilaian selesai dilakukan oleh Tim Juri, pengumuman pemenang kemudian disampaikan. Kelompok-kelompok ibu pemenang menerima hadiah, dan ucapan selamat yang hangat. Kegembiraan terpancar dari wajah para pemenang, sementara semangat persaingan dalam suasana kekeluargaan tetap terjaga. Berikut ini rangkaian informasi pemenangnya : Juara 1 diraih oleh kelompok nomor 11 dari Desa Giriharjo. Sementara Juara 2 diraih kelompok peserta nomor 3 dari Desa Setono dan Juara 3 diraih oleh kelompok peserta dengan nomor 4 dari Desa Wakah.

Sebagai pesan penutup acara tersebut, Ibu Dena Kusnu Heri Purwanto selaku Ketua TP Penggerak PKK menyampaikan pesan positif dan harapan untuk masyarakat. Beliau mengajak semua pihak untuk terus mendukung dan menghargai peran ibu dalam membangun keberagaman dan keharmonisan di Kecamatan Ngrambe.

Lomba tumpeng dalam peringatan Hari Ibu di Kecamatan Ngrambe ini tidak hanya menjadi ajang perlombaan semata, melainkan pula sarana untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di antara ibu-ibu setempat. Melalui kreativitas yang ditunjukkan, mereka berhasil menciptakan momen berharga yang tidak hanya diingat sebagai perayaan, tetapi juga sebagai inspirasi untuk terus bersama-sama membangun komunitas yang lebih baik. Semoga semangat ini dapat terus berlanjut dan memancar ke berbagai lapisan masyarakat.