Senyum Ramadhan : Buka Puasa Bersama Pegawai Kecamatan Ngrambe

NGRAMBE-Pukul lima sore telah tiba di Ngrambe, sebuah kecamatan yang dikenal dengan semangat kebersamaannya. Di sebuah warung makan tradisional yang mantap di Desa Wakah, Rumah Makan Mbok Budreg, suasana mulai terasa ramai. Meja-meja kayu sederhana telah disusun rapi, dilengkapi dengan alas anyaman dan lampu-lampu kecil yang menambah suasana hangat sore ini (24/03/2024).

Hari ini adalah hari yang istimewa, bukan hanya karena bulan Ramadan yang penuh berkah, tetapi juga karena acara buka puasa bersama para pegawai Kecamatan Ngrambe. Sejumlah pegawai telah berkumpul di Mbok Budreg, begitu pula Camat Ngrambe Kusnu Heri Purwanto dan istri, Dena Kusnu Heri, membawa harapan dan kegembiraan dalam setiap langkah mereka.

Di antara aroma masakan khas Jawa yang menggoda, terdapat obrolan riang dan tawa ceria. Para pegawai saling bertukar cerita tentang pengalaman selama menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat. Semua menyadari bahwa kebersamaan adalah kunci dari kesuksesan sebuah komunitas.

Namun, di tengah keceriaan itu, terdapat momen yang penuh haru. Sejumlah pegawai yang telah lama bertugas di kecamatan ini, baik itu karena mutasi maupun purna tugas, akan segera meninggalkan tempat kerja dan komunitas yang telah menjadi bagian dari hidup mereka selama bertahun-tahun. Adalah Sony Muhnawi, Kasi Pemerintahan Kecamatan Ngrambe yang baru saja dipromosi akan berpindah menjadi Sekretaris Kecamatan Widodaren. Dan A.Y. Waluyo, Sekdes Sidomulyo, yang telah memasuki masa purna tugas.

Sebuah prosesi sederhana pun diselenggarakan untuk melepas mereka. Para pegawai berkumpul di tengah ruangan, menatap satu sama lain dengan penuh penghargaan dan rasa terima kasih. Camat Ngrambe Kusnu Heri Purwanto memberikan kata-kata semangat dan doa terbaik untuk mereka yang akan melangkah ke babak baru dalam hidup mereka.

Saat azan Maghrib berkumandang, semangat persaudaraan semakin terasa kental. Para pegawai bersama-sama memanjatkan doa, memohon kepada Tuhan agar memberkahi langkah-langkah mereka yang baru, serta mempererat tali persaudaraan di antara mereka.



Ketika waktu berbuka tiba, aroma makanan yang lezat semakin menggoda selera. Para pegawai pun duduk bersama di sekitar meja, menikmati hidangan lezat yang telah disajikan. Mereka mengisi perut dengan makanan, namun lebih dari itu, mereka juga mengisi hati dengan kebersamaan, rasa syukur, dan harapan akan masa depan yang lebih baik.

Saat cahaya senja mulai memudar, acara pun berakhir dengan rasa hangat di hati setiap orang. Meskipun ada yang pergi, dan ada yang akan datang, semangat persaudaraan dan gotong-royong di Kecamatan Ngrambe tetap berkobar, NGRAMBE BERAKSI, demikian jargonnya. Mereka meninggalkan Mbok Budreg dengan hati yang penuh haru dan penuh harapan untuk masa depan yang lebih cerah, sambil mengucapkan sampai jumpa kepada mereka yang telah berjuang bersama dan selamat datang kepada yang baru.

Author

  • Ilaika Fitriani

    Ilaika Fitriani adalah sosok ASN Kecamatan Ngrambe tipikal pekerja keras yang berhasil mengintegrasikan keahlian teknis, kedisiplinan, dan dedikasi untuk mencapai kesuksesan luar biasa. Melalui kiprahnya di berbagai sektor, Ilaika tidak hanya menjadi inspirasi bagi rekan kerja dan masyarakat sekitar, tetapi juga menjadi teladan bagi mereka yang bermimpi untuk meraih prestasi tinggi.

    View all posts