Gema Parut Ngrambe : Revitalisasi Lintas Sektor

NGRAMBE-Di bawah sinar matahari yang hangat, sebuah gerakan revolusioner merebak di Kecamatan Ngrambe, dikenal sebagai GEMA PARUT yakni Gerakan Menanam dengan Memanfaatkan Pekarangan Rumah Tangga. Inisiatif yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Ngawi sesuai Surat Edaran Bupati Ngawi Nomor 520 / 09.52 / 404.110 / 2021 ini pada awalnya membawa angin segar dalam upaya peningkatan ketersediaan pangan lokal yang berkualitas. (18/04/2024)

Pada praktiknya GEMA PARUT menjadi titik tolak bagi perubahan nyata dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Pekarangan rumah tangga, yang sebelumnya hanya terbatas pada lahan kosong atau tanaman hias, kini berubah menjadi lahan subur yang memancarkan kehidupan. Demikian yang sejatinya sedang dilakukan oleh Suharti selaku Kepala Seksi Pemerintahan dan Raden Wahyu Trijanto Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Kecamatan Ngrambe. Masyarakat diajak kembali untuk memanfaatkan setiap inci tanah yang tersedia untuk menanam berbagai jenis tanaman pangan, mulai dari sayuran, buah-buahan, hingga rempah-rempah.



Daya tarik utama dari GEMA PARUT adalah kesederhanaannya. Tidak perlu memiliki lahan yang luas atau pengetahuan pertanian yang mendalam. Setiap keluarga dapat berpartisipasi, mulai dari yang tinggal di perumahan padat hingga pedesaan terpencil. Melalui pelatihan yang diselenggarakan oleh pemerintah setempat, masyarakat diberi pemahaman tentang praktik pertanian organik, pengelolaan tanaman, dan manfaat gizi dari hasil panen mereka.

Namun, GEMA PARUT tidak hanya tentang menanam tanaman, tetapi juga memperkuat ikatan sosial dalam masyarakat. Melalui kegiatan gotong-royong, warga saling membantu dalam penanaman, perawatan, dan panen hasil tanaman. Ini menciptakan rasa kepemilikan dan kebersamaan yang kuat terhadap program ini.

Dalam beberapa bulan, keajaiban mulai terlihat. Pekarangan rumah tangga yang sebelumnya terbengkalai berubah menjadi ladang subur yang memancarkan warna-warni kehidupan. Setiap sudut diisi dengan tanaman yang berguna, menyediakan sumber gizi yang melimpah bagi keluarga. GEMA PARUT telah berhasil menciptakan perubahan nyata dalam ketersediaan pangan lokal yang berkualitas, sambil memperkuat kebersamaan dan kedekatan antarwarga di Kecamatan Ngrambe.

Author

  • Nur Kholis

    Nur Kholis adalah sosok ASN Kecamatan Ngrambe yang memiliki tekad untuk memanfaatkan teknologi sebagai alat untuk pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan. Ia terlibat dalam berbagai proyek sosial dan pemerintahan yang menggunakan teknologi sebagai medium untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama mereka yang berada di daerah terpencil.

    View all posts