Langkah Cemerlang : Vaksinasi PMK Menyapa Ternak Ngrambe

NGRAMBE-Dalam upaya pencegahan dan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak, Tim Vaksinator dibawah organisasi Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi telah melaksanakan kegiatan vaksinasi yang berfokus di Desa Babadan dan Desa Wakah, wilayah Ngrambe. Kegiatan ini merupakan bagian dari program strategis untuk menjaga kesehatan hewan ternak, yang juga berdampak positif pada perekonomian peternakan di daerah tersebut.(23/04/2024)

Puluhan peternak yang tersebar di kedua desa tersebut hadir untuk mendukung program vaksinasi yang digelar. Mereka membawa ternak kesayangan mereka, siap untuk divaksin demi keberlangsungan usaha peternakan yang mereka geluti.

“Saya merasa senang dengan kegiatan vaksinasi ini, ini menunjukkan pemerintah peduli terhadap kesehatan ternak kami,” ujar Joko, salah seorang peternak asal Desa Wakah yang turut serta dalam kegiatan tersebut.

Tim vaksinator yang terdiri dari para ahli dan petugas terlatih dengan cermat melakukan vaksinasi pada hewan ternak. Mereka juga memberikan edukasi kepada para peternak tentang pentingnya vaksinasi PMK secara berkala dalam mencegah penyebaran penyakit yang dapat mengancam kelangsungan hidup ternak. Termasuk dalam tim tersebut antara lain : drh. Tony Wibowo, drh. Aulia Syifak B., drh. Riani Anggun M, drh. Nanang, drh. Novita Rahmawati dan Djarot, S.Pt.



Kepala Seksi Kesejahteraan Kecamatan Ngrambe, Raden Wahyu Trijanto, yang senantiasa mendampingi Tim Vaksinator tersebut mengungkapkan bahwa vaksinasi PMK ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah daerah dalam mendukung pertanian dan peternakan yang berkualitas. “Kegiatan ini bukan hanya untuk menjaga kesehatan hewan ternak, tetapi juga untuk memastikan produk ternak yang dihasilkan aman dan berkualitas,” kata beliau.

Selain memberikan manfaat langsung bagi para peternak, vaksinasi PMK ini juga diharapkan dapat mencegah penyebaran penyakit ke wilayah sekitarnya, sehingga lingkungan peternakan di Ngrambe tetap terjaga kebersihannya.

Di akhir kegiatan, suasana gembira terpancar dari para peternak yang melihat hewan ternaknya mendapatkan perlindungan melalui vaksinasi ini. Semangat untuk terus meningkatkan kualitas peternakan pun terpancar dari wajah-wajah para peternak yang telah ikut serta dalam kegiatan vaksinasi PMK tersebut.

Author

  • Amin Yoga Utama

    Amin Yoga Urama adalah abdi negara pelaksana pengelolaan kesejahteraan sosial di Kecamatan Ngrambe yang tak kenal lelah. Melalui dedikasinya yang luar biasa, ia membuktikan bahwa satu individu dapat membuat perbedaan signifikan dalam menciptakan dunia yang lebih adil dan sejahtera untuk semua.